Posted by: kualaclipping | May 28, 2009

Korupsi Proyek Breakwater Disidangkan

www.serambinews.com on 28 May 2009, 08:48

TAPAKTUAN – Pengadilan Negeri (PN) Tapaktuan mulai menyidangkan kasus dugaan korupsi proyek pembangunan breakwater (batu pemecah ombak) di Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Lhok Bengkuang Tapaktuan, Aceh Selatan, Rabu (27/5). Sidang dilaksanakan dua kali dan menghadirkan dua dari lima terdakwa yaitu Kepala Dinas Keluatan dan Perikanan, Herman Arsyad (pengguna anggaran), Mukhyar Idris (PPTK), Hasyim Bahrum (kontraktor), Kharlis (konsultan) dan Ariadin (konsul Hasyim Bahrum (kontraktor), Kharlis (konsultan) dan Ariadin (konsultan pengawas PU).

Sidang dipimpin Hakim Ketua, Hamzah Sulaiman SH, dengan anggota Mukhtar SH, Teuku Almadian SH itu dengan agenda pembacaan dakwaaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Pembacaan dakwaan terhadap Hasyim Bahrum, Kharlis dan Ariadin dilakukan oleh JPU Faisyal SH, dan pembacaan dakwaan untuk terdakwa Herman Arsyad, dan Mukhyar Idris dibacakan secara bergantian JPU A Kahar Muzaki SH dengan Asnawai SH.

Dalam sidang tersebut kedua JPU dalam dakwaannya mengatakan, terdakwa telah melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau korporasi. Dari hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), kerugian negara yang ditimbulkan mencapai Rp 1,08 miliar. Akibat perbuatan itu terdakwa dibidik pasal 2 dan pasal 3 UU nomor 20 tahun 2001 perubahan atau UU RI nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. ancaman hukumannya penjara maksimal 20 tahun. Karena proyek tahap kedua tahun 2005 yang dananya bersumber dari APBK 2005 itu diduga fiktif atau tidak dikerjakan sehingga negara dirugikan Rp 1,08 miliar. Selain dihadiri keluarga terdakwa sidang dengan agenda pembacaan dakwaan yang ditutup sekitar pukul 15.00 WIB dan akan dilanjutkan Rabu (3/6).(az)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: