Posted by: kualaclipping | May 28, 2009

Harga Sawit Diperkirakan Akan Terus Naik

www.serambinews.com on 25 May 2009, 08:44

SINGKIL – Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit diperkirakan akan terus mengalami kenaikan. Di Aceh Singkil, harga sawit saat ini telah mencapai Rp 1.130 per kilogram, mendekati harga tertinggi yang pernah terjadi tahun lalu, Rp 1.500 per kilogram. Di tingkat pengumpu harga TBS sawit berkisar Rp 1.350 per kilo. Sedangkan di pabrik kelapa sawit (PKS), harga yang ditetapkan cenderung bervariasi. Ketua DPD Asosiasi Petani Kelapa Sawit (Apkasindo) Subulussalam, Netap Ginting, menyebutkan di PKS Delima Makmur, harga yang ditetapkan Rp 1.325 per kilo, Nafasindo Rp 1.350 per kilo, dan Socfindo Rp 1.300 per kilo. Sementara di PKS Subulussalam, yakni PT LTP harga ditetapkan Rp 1.275 per kilogram.

Ketidak seragaman harga tersebut dikatakan, dipengaruhi antara lain; jenis buah, berat janjang rata-rata, dan kualitas panen. Dia memperkirakan, beberapa hari ke depan harga akan terus bergerak naik. Hal ini disebabkan beralihnya konsumsi dari minyak hewani ke minyak nabati, sebagai akibat pengaruh isu flu babi. Di beberapa dunia, babi sebelumnya digunakan sebagai salah satu sumber minyak hewani.

Agar harga terjaga, Netap Ginting menghimbau agar para petani tidak mencapurkan antara buah super dengan buah biasa. “Harga sawit kecenderungannya akan terus naik. Agar harga sawit bisa bersaing dengan Medan, sebaiknya jaga kualitas panen sawit, yakni dengan tidak mencampur yang super dengan yang biasa,” imbaunya.

Harga TBS kelapa sawit sempat menyentuh rekor tertinggi pertengahan tahun lalu sebesar Rp 1.500/kilo. Para petani berharap harga tersebut bisa kembali tercapai, karena di kisaran harga tersebutlah petani dapat benar-benar menikmati hasil jerih payahnya. “Kalau harganya sama seperti tahun 2008, kita bisa menikmati hasil jerih payah selama ini, bahkan bisa menabung. Tapi kalau turun lagi, untuk biaya sekolah anak-anak saja susah,” kata Hastri, petani kelapa sawit.(c39)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: