Posted by: kualaclipping | May 28, 2009

FPD Pertanyakan Dana Penjualan Kapal Eks Nelayan Thailand

www.analisadaily.com on 27 Mei 2009

Banda Aceh, (Analisa)

Fraksi Partai Demokrat (F-PD) DPRA mempertanyakan dana hasil penjualan (lelang) 40 unit kapal ikan eks nelayan Thailand yang nilainya mencapai Rp11,9 miliar, yang disebut-sebut tersimpan di rekening Bank BNI.

“Menurut informasi yang dulu pernah kami dengar pada tahun 2001 berjumlah Rp11 miliar lebih. Apakah dana tersebut sekarang masih utuh atau sudah bertambah karena pertambahan bunga bank? Berapa kira-kira sekarang besar  nilainya,” kata anggota FPD di DPRA, Drs Jamaluddin T Muku, dalam pendapat akhir fraksinya terhadap Rancangan Qanun (Raqan) Tata Cara Pemilihan dan Pemberhentian Keuchik dan Imuem Mukim, di gedung DPRA, Selasa (26/5).

Tak Pernah Dilaporkan

Dijelaskan, berdasarkan informasi, dana tersebut pada masa itu dikelola oleh Lembaga Panglima Laot Provinsi Aceh. “Hal ini kami pertanyakan karena selama beberapa tahun terakhir, dana tersebut tidak pernah dilaporkan kepada publik,” ujarnya.

Menurutnya, dulu memang ada program bantuan beasiswa kepada anak-anak nelayan di Aceh. Selama empat tahun ini sudah berapa orang kah anak nelayan yang telah lulus SD, SMP dan SMA ataupun perguruan tinggi, sebutnya.

Jamaluddin juga mempertanyakan, apakah Pemerintah Aceh sekarang di bawah pimpinan Gubernur Irwandi Yusuf dan Wagub Muhammad Nazar pernah mendapat laporan mengenai dana hasil penjualan kapal ikan eks nelayan Thailand tersebut.

Akhir tahun 2001, dana sebesar Rp11,9 miliar dihibahkan untuk nelayan Aceh. Dana ini diperoleh dari hasil penjualan 40 unit kapal nelayan Thailand yang tertangkap saat mencuri ikan di perairan Aceh.

Berkali-kali terdengar “suara miring”  tentang penggunaan dana tersebut. Sementara proses perjuangan agar dana ini jatuh ke tangan nelayan Aceh pun tidaklah mudah. Dana ini kalau mau dihabiskan tentu tak memakan waktu lama. Tapi para Panglima Laot seluruh Aceh memutuskan untuk menjadikan dana ini sebagai dana abadi, yang dikelola oleh Yayasan Pangkai Meureunoe Aneuk Nelayan (YP-MAN). (mhd)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: