Posted by: kualaclipping | May 28, 2009

Aceh butuh ahli kelautan dan perikanan

http://www.waspada.co.id o 28 May 2009, 12:29 WIB
WASPADA ONLINE

BANDA ACEH – Departemen Kelautan dan Perikanan kembali menerima mahasiswa baru untuk dididik di Sekolah Tinggi Perikanan. Untuk lokal, seleksinya akan ditanggung Pemerintah Aceh, mengingat sumber daya manusia di bidang itu amat dibutuhkan tanah rencong.

Informasi yang diperoleh dari Kepala Biro Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Aceh, Saifuddin Harun, SE, M.Si, menyebutkan, pemerintah daerah akan memfasilitasi penjaringan calon mahasiswa STP untuk dididik menjadi ahli kelautan dan perikanan.

“Dua pertiga Aceh itu adalah laut. Jadi untuk mengelola sektor kelautan dan perikanan, tentu kita butuh sumber daya manusianya yang profesional,” katanya, tadi pagi, di Banda Aceh. “Pendaftaran dan penjaringannya di sini. Pemerintah Aceh hanya memasilitasi.”

Saifuddin menyebutkan, jika lulusan seperti Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), hanya berfokus pada pemerintahan, namun lulusan STP bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. “Kader kelautan itu, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Jadi tidak terlibat mesti jadi PNS, boleh ke swasta,” jelasnya.

Aceh, lanjut dia, juga membutuhkan tenaga-tenaga profesional untuk memperkuat SDM di bidang kelautan dan perikanan. “Bagaimana potensi daerah kita bisa dikelola dengan baik. Selama ini hasil laut kita dijarah pihak luar,” kata Saifuddin yang didampingi Zulkifli M Ali, M..Pd, Plt Kabag Pendidikan dan Kebudayaan.
(dat02/ann)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: