Posted by: kualaclipping | May 25, 2009

Ikan Tuna Aceh Sulit Diekspor

www.serambinews.com on  30 April 2009, 09:23

MEUREUDU – Sekretaris Panglima Laot Lhok Meureudu, Amrijal M Daud, menyatakan, meski produksi ikan tuna di Aceh berlimpah, namun hingga kini, Aceh masih kesulitan untuk melakukan ekspor langsung ikan-ikan tersebut. Penyebabnya menurut dia, karena kurangnya pengetahuan nelayan untuk mengelola ikan hasil tangkapan, tidak tersedianya penampungan di Pelabuhan Penangkapan Ikan (PPI) yang sesuai standar, serta tidak adanya sarana dan prasarana transportasi untuk ekspor. “Padahal Aceh termasuk wilayah yang paling mudah untuk mendapatkan tuna.
Hanya 12 mil dari pesisir pantai saja, ikan tuna sudah didapat,” ujarnya kepada Serambi, Rabu (29/4).
Laut Aceh dijelaskan, memiliki tiga musim. Yakni musim angin barat, timur, dan musim peralihan antara musim barat dan timur. Pada musim peralihan ini, gelombang laut rata-rata mencapai 5 sampai 8 meter dan nelayan Aceh hanya mengandalkan boat 2 GT. “Itu jelas tidak mampu. Setidaknya harus ada boat 15 GT yang dilengkapi dengan peralatan canggih. Dengan kondisi seperti ini, bagaimana kita mendapatkan tuna dengan jumlah besar,” pungkasnya.

Selama ini, kata dia, dengan kapasitas kapal berukuran 2 GT, nelayan Aceh hanya mampu memperoleh sekitar 5-20 ekor ikan tuna. Itupun, tidak bisa bertahan lama karena boat tidak menyediakan es batu secukupnya. Hanya sebagian kecil yang berhasil dipasok ke Medan, selebih dikonsumsi masyarakat Aceh. Kondisi ini, kata dia, sangat berbeda jauh dengan boat-boat negara tetangga yang bisa meraup banyak ikan tuna di lintasan internasional atau berdekatan dengan laut Aceh. “Dalam berbagai pertemuan dengan negara donor, NGO dan lainnya, saya sering katakan bahwa di laut Aceh banyak ikan tuna. Hanya saja, nelayan Aceh butuh faktor-faktor pendukung,” ucap Sekretaris Panglima Laot Lhok Meureudu tersebut.(s)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: