Posted by: kualaclipping | May 25, 2009

Ikan Basah Mahal di Takengon

www.serambinews.com on 04 May 2009, 09:12

REDELONG – Beberapa hari terakhir, harga ikan basah di Pasar Inpres, Kampung Baru, Kecamatan Laut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah melambung akibat berkurangnya pasokan ikan dari kawasan Aceh pesisir. Sementara, pasokan ikan hasil budidaya di Danau Laut Tawar belum dapat memenuhi kebutuhan ikan di daerah itu.

Ikan dipasok antara lain dari Kabupaten Bireuen, Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara. “Biasanya bila ikan dari luar masuknya banyak, kami menjualnya tidak seperti sekarang,” ujar seorang pedagang ikan, Amrin. Menurut keterangan pemasok ikan yang diperolehnya, kurangnya pasokan disebabkan air laut yang sedang dalam keadaan pasang bergelombang tinggi sehingga para nelayan tidak berani melaut.

“Tetapi diperkirakan, pasokan ikan akan kembali normal dalam beberapa hari ke depan,” ujarnya. Saat ini Amrin mengaku, ikan laut dijual umumnya ikan yang telah di simpan beberapa hari dalam tong es. Untuk ikan bandeng, saat ini dijual Rp 20.000 per kilogram, naik dari harga sebelumnya Rp 16.000, ikan tongkol dari Rp 13.000 naik menjadi Rp 18.000 per kilo, dan ikan ikan dencis dari Rp 20.000 menjadi Rp 23.000 per kilo.

Untuk ikan air tawar, sebagaimana diutarakan pedagang lainnya, Aman Tawarati, mengalami peningkatan permintaan. Seperti ikan mujahir, ikan nila, dan ikan bawal. “Jumlah pasokan ikan air tawar menurun, sedangkan permintaan semakin hari semakin maningkat,” ucap Aman. Ikan Bawal saat ini dijual Rp 35. 000 hingga 40.000 per kilogram, ikan mujahir Rp 25.000, ikan depik basah Rp 20.000 sampai Rp 30.000 per kilo, dan ikan depik kering mencapai Rp 40.000 per kilo.(c31)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: