Posted by: kualaclipping | May 24, 2009

Tanpa Mesin, Pabrik Es Meureudu Terbengkalai

www.serambinews.com on 24 May 2009, 08:44

MEUREUDU – Satu unit pabrik es yang dibangun dengan APBA tahun 2008 di Tempat Pelabuhan Ikan (TPI) Meureudu hingga kini masih terbengkalai dan tidak bisa difungsikan. Pasalnya, pabrik tersebut tidak dilengkapi dengan mesin pembuat es. Para nelayan setempat mendesak agar pabrik es tersebut segera dilengkapi mesin. Sehingga, para nelayan dan tauke ikan tidak lagi harus membeli es batangan dari Sigli.

“Selama ini, kebutuhan es di TPI Meureudu saja lebih kurang mencapai 300 batang yang dibeli dari Sigli. Sedangkan pabrik es di Meureudu, sama saja seperti tidak ada karena tidak ada mesin,” ujar Sayudi, seorang tauke ikan saat dijumpai di TPI Meureudu, Sabtu (23/5). Ditambahkan, harga es yang diperoleh dari Sigli mencapai Rp 30 ribu/batang. Mahalnya harga es batangan itu lebih disebabkan oleh jauhnya transportasi. Artinya, bila ada pabrik sendiri, harga es diyakini tidak semahal itu.

Amatan Serambi, meski tidak ada mesin, pabrik es di TPI Meureudu itu tetap terbuka setiap hari. Hanya saja, isi pabrik tersebut terlihat dipenuhi dengan tali-tali boat hingga fiber ikan nelayan. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pidie Jaya, Mukhtar Ahmad saat dihubungi Serambi melalui telepon selulernya mengatakan, dana pengadaan mesin untuk pabrik es tersebut sedang diluncurkan kembali dalam perubahan APBA 2009. “Ini sedang proses sidang perubahan anggaran di Banda Aceh,” jelas Mukhtar. Sementara Panglima Laot Lhok Meureudu, Abu Hasan Basyah mengatakan, dirinya sempat mendengar bahwa pabrik es tersebut akan dilengkapi mesin pada akhir bulan ini. Kabar itu diperolehnya dari seorang konsultan asal Pidie Jaya yang ada di Banda Aceh.(s)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: