Posted by: kualaclipping | May 14, 2009

Gelombang Laut Aceh Capai Tiga Meter

www.harian-aceh.com on Thursday, 14 May 2009 01:28

Banda Aceh | Harian Aceh–Gelombang laut di perairan Aceh bagian barat diperkirakan mencapai dua hingga tiga meter. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) meminta nelayan Aceh ekstra hati-hati dan waspada ketika berada di laut.

“Tinggi gelombang laut mencapai tiga meter khususnya di perairan barat Aceh. Ini sangat berbahaya bagi perahu nelayan dan tongkang,” kata Samsuir, Kepala BMG Blang Bintang, Aceh Besar, Rabu (13/5).

Menurutnya, gelombang tinggi di perairan barat Aceh itu akan berlangsung beberapa hari mendatang. Hal itu dipengaruhi perubahan arah mata angin, dari musim timur ke musim barat.

“Meski begitu, secara umum keadaan perairan Aceh cukup aman bagi para nelayan tradisional,” katanya.

Sedangkan perkiraan cuaca untuk Kota Banda Aceh, Kamis (14/5) hari ini, hujan ringan, dengan temperatur maksimum 23 derajat celsius dan minimum 32 derajat celsius.

Untuk tingkat kelembaban udara maksimum 95 persen dan minimum 56 persen. Sedangkan kecepatan angin di Banda Aceh selama Mei ini diperkirakan mencapai lima hingga enam knots. “Warga yang berdiam di pesisir pantai agar berhati-hati, karena kecepatan angin bisa saja berubah menjadi kencang diiringi dengan gelombang yang tinggi,” katanya.

Mengenai curah hujan dalam bulan ini, sebutnya, untuk Kota Banda Aceh masih berpotensi diguyur hujan ringan dan sedang yang dapat terjadi sewaktu-waktu, baik pagi hari, siang maupun malam hari.

Sementara beberapa wilayah di Aceh sangat berpeluang terjadinya hujan lebat dan berpotensi banjir. Daerah itu yakni Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Utara, Aceh Timur, Langsa, Aceh Tamiang, Aceh Jaya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, dan sebagian Aceh Tenggara.

Samsuir mengingat warga yang bermukim di tepi sungai agar hati-hati, sebab banjir bisa terjadi dengan tiba-tiba. “Memang potensi banjir masih dikategorikan rendah, tetapi kehati-hatian itu perlu ditingkatkan,” katanya.(bai)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: