Posted by: kualaclipping | May 13, 2009

Soal Proyek Pengerukan Muara di Pidie, Besar Pasak Daripada Tiang

www.harian-aceh.com on Wednesday, 13 May 2009 07:00

Sigli | Harian Aceh–Muara Pasi Peukan Baro Kota Sigli, kondisinya kini tidak menentu. Pasalnya pengerukan muara yang dikelola Dinas Sumber Daya Air (SDA) Propinsi Aceh melalui dana Otonomi Khusus (Otsus) tahun 2008, ternyata tidak ada hasilnya dan dituding besar pasak daripada tiang.

Sementara Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pidie, tak berdaya, sebab semua proyek itu ternyata tidak pernah dikoordinasikan dengan pemerintah kabupaten. Proyek tersebut terkesan dibuat asal jadi.

“Kami di sini hanya menerima hasilnya saja. Proyek pengerukan yang dilakukan oleh Dinas SDA Propinsi Aceh, mulai dari rencana dan pembangunannya tidak pernah berkoordinasi dengan DKP Pidie. Hingga kini proyek tersebut tidak jelas, malah kondisi muara semakin dangkal,” sebut Kepala DKP Pidie, Ir. Aspar, kepada Harian Aceh, kemarin.

Dampak proyek Otsus tersebut, katanya, kapal nelayan kini tidak bisa merapat ke dermaga yang ada di komplek Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Pasi Peukan Baro. Nelayan terpaksa mengeluarkan cost lebih besar dengan melansir ikan hasil tangkapan ke tempat penjualan ikan.

DKP setempat, lanjutnya, sudah mengusulkan lagi ke propinsi melalui dana Otsus untuk pengerukan muara dan pembangunan Bridge Water dikawasan muara. “Kita masih mengupayakan agar pengerukan muara tetap harus menjadi prioritas pembangunan sektor kelautan di tahun ini, meski semuanya dilakukan oleh SDA Propinsi,” katanya.

Kepada para nelayan, Aspar berharap agar bersabar, sebab pihaknya kini telah mengusulkan kembali pembangunan dan pengerukan muara Pasi Peukan Baro, sekaligus membangun sarana dan prasarana PPI yang dibutuhkan nelayan.(zuk)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: