Posted by: kualaclipping | May 12, 2009

Muara Pasi Peukan Baro Masih Dangkal

www.harian-aceh.com on Tuesday, 12 May 2009 06:13

Sigli | Harian Aceh–Muara Kuala Pidie dan Pasi Peukan Baro, Kota Sigli, Pidie, masih dangkal. Akibatnya, kapal nelayan ukuran 30-40 GT masih berlabuh di lepas pantai. Hingga ini belum ada tindakan nyata dari Pemerintah melakukan pengerokan.

Kapal nelayan saat hendak mendaratkan ikan tangkapannya terpaksa melansir dengan menggunakan jasa kapal motor ukuran 3 GT, sehingga mengeluarkan cost lebih besar. Harga ikan juga ikut jadi mahal. “Kami terpaksa melansir ikan dengan boat kecil, karena muara dangkal, kapal  tidak bisa masuk,” sebut Pawang Abubakar kepada Harian Aceh, Senin (11/5).

Katanya, kondisi ini telah berlangsung lama, tetapi pemerintah belum juga melakukan pengerukan terhadap dua muara tersebut. Padahal, di sana terletak Pusat Pendaratan Ikan (PPI) yang lengkap dengan fasilitas, mulai pabrik es batangan hingga stasiun pengisi bahan bakar untuk nelayan dan kedai. “Tetapi sampai sekarang kami dengar, pemerintah hanya berencana pengerukan, entah kapan terlaksana,” katanya.

Dia menggambarkan, untuk buaya operasional setiap kali melansir ikan hingga mencapai ratusan ribu bahkan ada yang pernah jutaan. Terkadang pihak nelayan kesulitan dalam membiayai ongkos lansir.

Padahal, tambah dia, awalnya pada tahun 2005, pihak Dinas Perikanan Pidie berniat melakukan pengerukan muara Pasi Peukan Baro, tetapi ini hanya sebatas rencana. Beredar kabar bahwa pihak Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Aceh (BRR) kala itu juga merencanakan hal yang sama, tetapi kenyataan sekarang kondisi PPI Pasi Peukan Baro sepi dari aktivitas nelayan, kecuali pada saat pasang purnama, ada satu dua kapal nelayan yang singgah di sana,” sebut dia.

Pada hari biasa, para nelayan terpaksa melabuhkan kapalnya di lepas pantai, baik di Kuala Pidie maupun di Pasi Peukan Baro akibat dangkalnya kedua muara yang cukup padat aktivitas  nelayan.(zuk)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: