Posted by: kualaclipping | May 11, 2009

Nelayan Tak Melaut, Harga Ikan Melonjak Tajam

www.harian-aceh.com on Monday, 11 May 2009 03:56

Sigli | Harian Aceh–Sejak sepekan terakhir, harga ikan basah di Kota Sigli melonjak tajam menyusul gelombang besar di perairan Selat Malaka. Akibatnya, nelayan tradisional di Pidie dan sekitarnya tidak bisa melaut.

Juned,seorang nelayan di Kota Sigli, kemarin mengaku, pihaknya kesulitan saat melaut karena terjadi angin kencang yang disertai munculnya gelombang besar. Sudah sepekan ini, katanya, mereka tidak melaut dan harus kerja serabutan di darat menunggu kondisi laut membaik. “Kondisi seperti ini terjadi hampir setiap tahun,” katanya.

Selain karena gelombang besar, diperparah lagi keadaan alam berupa munculnya bulan purnama, sehingga sebagian besar nelayan tidak melaut pada malam hari. Sedangkan di siang hari paling hanya pagi hingga siang saja, setelah petang mulai datang angin dari arah barat laut membuat kondisi perairan Pidie dan sekitarnya tidak bersahabat. “Kondisi demikian hampir berlangsung sebulan ini,” ungkap dia.

Di tempat terpisah, Ibrahim, seorang pedagang ikan kepada Harian Aceh, kemarin, mengatakan, untuk memenuhi para pelanggan akan ikan basah, pihaknya terkadang bersama beberapa pedagang ikan lainnya mendatangkan ikan dari daerah luar Pidie, seperti dari Sumatra Utara. Ikan tersebut dijual sedikit mahal dari harga biasanya. “Demi kebutuhan pelanggan, meski sedikit mahal terpaksa juga kami mendatangkan ikan dari daerah lain,” katanya.

Kondisi demikian, membuat ikan air tawar dan tambak menjadi primadona seperti bandeng, mujair, udang dan ikan lele.

Pantauan Harian Aceh, sepanjang hari kemarin, di pasar Ikan Kota Sigli, jenis ikan bandeng yang biasanya dijual dengan harga Rp12.000/Kg kini meningkat menjadi Rp17.000/Kg. Sedangkan udang puti dari harga semula Rp25.000/Kg kini dijual Rp40.000, sementara ikan Air Tawar seperti Lele, dari Rp20.000/Kg menjadi Rp30.000. Kondisi ini diyakini hanya sementara saja.(zuk)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: