Posted by: kualaclipping | April 3, 2009

Kongres Saudagar Ikan Aceh Diresmikan

www.harian-aceh.com on Friday, 03 April 2009 11:12

Idi Rayeuk | Harian Aceh—Demi menyatukan usaha dan semangat bagi saudagar ikan dan para nelayan se-Provinsi Aceh agar dapat lebih berkembang, Kamis (2/4) pagi, di Idi Rayeuk, Aceh Timur, digelar Kongres Saudagar Ikan se-Aceh.

Gubernur Aceh yang diwakili Kepala Dinas Perikanan Kelautan Provinsi Aceh, Ir. Razali, M.Si, mengatakan, Pemerintahan Aceh sangat mendukung kegiatan dimaksud dikarenakan sektor perikanan di Aceh merupakan pilar perekonomian di Aceh. Ia menyebutkan sumbangan dari perikanan untuk Aceh mencapai 6,5% dari pendapatan daerah bruto (pdb) senilai Rp1.59 triliun.

“Kita ketahui 60% persen wilayah Aceh merupakan lautan dan dari dulu daerah ini cukup dikenal memiliki potensi besar sebagai penghasil laut cukup besar. Namun, sangat disayangkan hasil laut yang berlimpah tersebut tidak serta merta dapat meningkatkan perekonomian para pelaku perikanan di Aceh disebabkan para tengkulak dari luar telah menguasai pasar perikanan Aceh sejak puluhan tahun silam,” ujarnya.

Sementara itu, menurut ketua panitia pelaksanaan Kongres Saudagar Iakn se-Aceh, M. Adli Abdullah, kegiatan bertemakan “Mengutamakan Organisasi Saudagar Ikan Untuk Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi di Sektor Perikanan,” itu bekerja sama dengan Un-Fao. Tujuannya, kata dia, untuk meningkatkan taraf perekonomian pelaku perikanan di Aceh.

Razali menambahkan, dengan adanya kongres itu, ke depan para nelayan dan pelaku perikanan di Aceh dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Ia juga mengharapkan akan lahir berbagai ide dan solusi yang cerdas untuk mengoptimalisasikan potensi laut di Aceh.

Pembukaan kongres tersebut dihadiri juga undangan dari lembaga perikanan dan kelautan (lkim) Negeri Perak – Malaysia, Kapolres Aceh Timur, Panglima Laot Aceh, serta Bupati Aceh Timur yang diwakili Asisten II Ir.M.Yasin. Kegiatan itu dijadwalkan akan berlangsung selama dua hari yang dimulai pada 2 April, di aula Hotel Bandar Khalifah, Idi Rayeuk.(cis)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: