Posted by: kualaclipping | March 2, 2009

Kredit Subsidi Bunga belum Juga Dikucurkan; BPD Aceh Kewalahan

www.serambinews.com on 2 Maret 2009, 14:38

BANDA ACEH – Program kredit berbunga rendah atau Kredit Pemberdayaan Pengusaha (KPP) untuk pengusaha korban tsunami Aceh, hingga kini belum juga dikucurkan. Padahal April 2009 ini merupakan batas akhir penyaluran. BPD Aceh selaku bank pelaksana, mengaku kewalahan bila penyaluran dipaksa harus tuntas dalam satu bulan ini.

Belum dikucurkannya program kredit tersebut diungkapkan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Aceh, Firmandez, dan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Aceh, Dahlan Sulaiman, kepada Serambi, Minggu (1/3). Total yang diajukan keduanya telah mencapai 544 permohonan.

“Beberapa hari lalu ada staf di BPD yang menelpon saya kalau beberapa permohonan sudah dicairkan, tetapi setelah saya cek, termasuk ke daerah-daerah ternyata belum ada,” kata Dahlan.

Hingga posisi 20 Februari kemarin, Apindo katanya, telah meneruskan sebanyak 400 permohonan ke Biro Ekonomi Sekretariat Daerah (Setda) Aceh, untuk selanjutnya diteruskan ke Bank BPD. Total nilai kredit yang diajukan mencapai sekitar Rp 150 miliar.

“Selain itu masih ada sekitar 60 permohonan lagi yang sedang kami teliti, mungkin nilainya sekitar Rp 1,8 miliar,” imbuh Dahlan.

Pengakuan serupa juga diutarakan Firmandez. Dari 144 permohonan yang diajukan Kadin Aceh, hingga kini belum ada satu pun yang terealisasi. Karena itu, pihaknya mendesak agar BPD segera memproses permohonan kredit yang telah diajukan, apalagi mengingat batas waktu penyaluran kredit tinggal sebulan lagi.

“Kita khawatir sekali nasib KPP ini akan sama dengan nasib program kredit terdahulu. Paling tidak, kalau pun sempat dimanfaatkan, pasti tidak bisa maksimal karena waktunya tinggal sebulan lagi,” kata Firmandez.

Secara pribadi, dia menilai kalau permasalahan sebenarnya ada pada komitmen Bank BPD sendiri dalam melaksanakan program tersebut. Karena itu, BPD diminta segera mempertegas kembali komitmennya, yakni dengan segera memeriksa kembali tentang masalah yang sebenarnya mereka hadapi.

Kewalahan

Hingga tadi malam, Direktur Utama Bank BPD Aceh, Aminullah Usman, belum berhasil dihubungi. Namun sebelumnya, Aminullah pernah mengungkapkan tentang kesulitan yang dihadapi banknya bila penyaluran dipaksakan harus tuntas pada April 2009 ini.

“Kalau dipaksakan penyaluran harus tuntas April ini, kita nggak sanggup. Berapa banyak permohonan yang masuk, sementara waktu tersisa sangat terbatas,” katanya kepada Serambi di sela-sela pertemuan tahunan perbankan di Aula BI Banda Aceh, Jumat (13/2) malam.

Karena itu, bila memang April nanti penyaluran diharuskan tuntas, maka tak ada cara lain kecuali wewenang penyaluran dibagi-bagikan ke sejumlah bank lainnya. “Tetapi saya rasa, program ini pasti akan diperpanjang lagi,” tambah Aminullah.

Dia juga mengaku kalau penyeleksian terhadap permohonan yang masuk masih terus dilakukan. Tim dari BPD telah turun ke daerah-daerah untuk memeriksa kebenaran dari permohonan yang diajukan. Beberapa diantaranya juga telah didapati mengajukan permohonan fiktif.

Sebagaimana diketahui, KKP merupakan program kredit pengganti dana moratorium Rp 1 triliun yang ditarik sebelum sempat dikucurkan. Sebagai gantinya, pemerintah kemudian meluncurkan KKP, yakni dengan mensubsidi bunga kredit yang dikucurkan. Subsidi yang diberikan Rp 30 miliar untuk Aceh dan Rp 10 miliar untuk Nias.

Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) RI tentang program dimaksud diterbitkan pada 23 Juli 2008, dengan Nomor 103/PMK.05/2008. Sementara Peraturan Gubernur diterbitkan pada 11 September 2008. Namun mengingat waktu yang terbatas, program yang semestinya tuntas tersalur Desember 2008, diperpanjang hingga April 2009 nanti.(yos)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: