Posted by: kualaclipping | January 12, 2009

BMG Ingatkan Gelombang Tinggi

www.harian-aceh.com on Monday, 12 January 2009 00:37

Banda Aceh | Harian Aceh—Badan Meteorologi dan Geofisikasi (BMG) mengingatkan masyarakat, perusahaan pelayaran dan para nelayan di Aceh agar mewaspadai angin kencang dan gelombang tinggi dalam beberapa hari mendatang.

“Angin kencang dan gelombang tinggi diperkirakan terus terjadi hingga beberapa hari mendatang yang perlu diwaspadai bagi perlayaran, terutama di Selat Malaka,” kata Kepala BMG Blang Bintang, Samsuir di Banda Aceh, Minggu (11/1).

Ketinggian gelombang saat ini di perairan Selat Malaka, pantai timur Aceh mencapai antara 1,5 sampai dua meter yang perlu diwaspadai perusahaan pelayaran dan nelayan tradisional.

“Selain perairan laut Selat Malaka, gelombang tinggi antara satu sampai dua meter juga terjadi di kawasan pantai barat dan selatan hingga beberapa hari mendatang,” tambahnya.

Kecepatan angin yang bertiup dari arah timur ke barat laut mencapai antara 10 sampai 25 knot per jam. Sementara temperatur udara mencapai 22 hingga 32 derajat Celcius dengan kelembaban antara 60 sampai 95 persen.

Menurut Samsuir, cuaca di wilayah Aceh itu dipengaruhi oleh gangguan tekanan di laut China Selatan. Akibatnya, terjadi konsentrasi awan konveksi yang banyak mengandung uap air.

Samsuir menambahkan, gelombang tinggi dan angin kencang tersebut telah berdampak terganggunya pelayaran Banda Aceh-Sabang.  “Kemarin (Sabtu,10/1) tiga kapal penyeberangan terpaksa menunda keberangkatan dari dan ke Banda Aceh,” jelasnya. “Cuaca seperti itu memang sangat riskan bagi dunia perlayaran. Saya sendiri terpaksa menunda keberangkatan dari Sabang ke Banda Aceh pada Sabtu (10/1) karena kapal tidak berangkat akibat gelombang tinggi.”(ant)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: