Posted by: kualaclipping | October 16, 2008

Panglima Laot Tak Bisa Bertanggung Jawab, Matrial Boat Nelayan Jadi Kayu Bakar

www.harian-aceh.com on Wednesday, 29 October 2008 00:33

Calang | Harian Aceh—Sejumlah boat berukuran besar bantuan Menteri Sosial Republik Indonesia diperuntukkan bagi masyarakat  nelayan korban tsunami di Aceh Jaya. Bantuan itu berupa dana untuk merangkai dan meracik boat tersebut, melalui panglima laot setempat. Namun, kini dananya sudah ditahan. Hal ini dikarenakan dana sebesar Rp8 miliar itu belum bisa dipertagungjawabkan oleh Panglima Laot Aceh Jaya.

Akibatnya, proses pembuatan kerangka boat bantuan itu tidak selesai dirangkai. Penyaluran dana untuk meracik boat tersebut sudah dilakukan sejak tahun 2006 di Desa Batee Tutong, Kecamatan Krung Sabee, tepatnya di pesisir pantai tempat nelayan setempat melakukan pendaratan ikan. Karena sudah lama terbengkalai, matrial boat menjadi lapuk dan berserakan. Akhirnya, kaum ibu mengambil material boat itu untuk dijadikan kayu bakar.

“Untuk apa lagi kayu yang sudah keropos, kan lebih baik dijadikan kayu bakar,” ujar salah seorang ibu warga Batee Tutong, Senin (27/10).

Mensos melalui Dinas Perikanan Aceh Jaya telah mengangarkan dana Rp1.5 miliar yang dikelola oleh panglima laot setempat untuk pembuatan puluhan unit boat yang diperutukan bagi korban tsunami di Aceh Jaya. Tapi, dana bantuan itu tidak dikelola dengan baik oleh panglima laot, bahkan disinyalir telah digelapkan. Sejumlah pihak di Calang menyesalkan terbengkalainya boat bantuan Mensos itu.

Panglima Laot Lhok Calang, Junaidi, saat dikonfirmasi mengatakan, dana bantuan Mensos senilai Rp8 miliar sudah digunakan untuk pembuatan boat. Katanya, sebanyak 8 unit boat di Kecamatan Teunom sudah bisa dipergunakan nelayan, sedangkan sisanya tidak mampu dilanjutkan lagi akibat dana dari Mensos sudah ditahan. “Yang terbengkalai itu sisa kekurangan dana yang sudah ditahan,” sebutnya.(cwn)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: