Posted by: kualaclipping | July 16, 2008

Pemerintah Nagan Raya Canangkan Program Sejuta Sawit

www.harian-aceh.com on Friday, 11 July 2008 09:28

Nagan Raya | Harian Aceh—Pemerintah daerah Kabupaten Nagan Raya merencanakan program perkebunan Nagan Sejuta Sawit di Gampong Lhok, Kemungkiman Kuala Baro, Kecamatan Kuala Pesisir, Kamis (10/7). Dalam peresmiannya, Bupati Nagan Raya, Drs Teuku Zulkarnaini, mengatakan pencanangan program sejuta sawit sebagai salah satu upaya untuk secara langsung menopang peningkatan taraf hidup masyarakat setempat.

Program ini dilaksanakan secara berkesinambungan dan dimaksudkan untuk kesejahteraan masyarakat dalam bidang pengembangan kelapa sawit di kabupaten baru mekar dari Aceh Barat ini. Bupati menggambarkan beberapa program dalam bidang pengembangan kelapa sawit yang sekarang sedang berlangsung. Di antaranya program revitalisasi perkebunan rakyat, program UPP besar dengan sumber dana APBK Nagan Raya, ditambah dengan program pengembangan kawasan perkebunan dan berkesinambungan juga dengan program Nagan Sejuta Sawit.

“Program Nagan Sejuta Sawit ini target khususnya akan ditanam di perkarangan perumahan penduduk. Dan itu berlangsung selama 4 tahun secara berkesinambungan,” katanya.

Orang nomor satu di Nagan Raya ini menyerukan kepada seluruh komponen masyarakat, pejabat pemerintah, dan perusahaan-perusahaan yang ada dis ana, untuk melibatkan diri secara langsung agar program mulia ini dapat terlaksana secara terencana, terukur, dan sinergis, sesuai dengan harapan.

Teuku Zulkarnaini alias Ampong Bang ini merasa sangat optimis program tersebut akan sukses. Sebab, kata dia, selain kondisi daerah yang mendukung dan pengembangan penanaman kelapa sawit di Nagan Raya telah berjalan dengan baik dan maju, baik lahan perkebunan yang dikelola oleh perusahaan-perusahaan besar seperti PT Socfindo, PT Fajar Baizury, dan Brothers, PTP Nusantara I, maupun perkebunan rakyat. “Fantastis, bukan?” ucapnya berhayal.

Ampon Bang mengharapkan program ini menjadi momentum awal bagi keberhasilan pemerintahannya dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat sehingga kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat setempat akan tercapai dalam waktu relatif singkat. “Program Nagan sejuta sawit ini merupakan salah satu program pemberdayaan ekonomi rakyat yang secara langsung menyentuh hajat hidup masyarakat. Dia merupakan salah satu pilar dalam proses pelaksanaan pembangunan di kabupaten Nagan Raya,” ucapnya.

Sementara itu, Merizal, 24, salah seorang masyarakat Gampong Kuala Baro yang ditemui Harian Aceh, menyambut positif program penanaman sawit di perkarangan rumah tersebut. “Dengan hasil buah sawit di halaman rumah ini, paling tidak untuk pembayaran iuran listrik setiap bulan, cukuplah,” ujarnya.(cji)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: