Posted by: kualaclipping | July 12, 2008

Potensi Laut Aceh Timur Baru 37 Persen

www.harian-aceh.com on Saturday, 12 July 2008 02:17

Aceh Timur | Harian Aceh—Sektor perikanan serta kelautan di Kabupaten Aceh Timur diperkirakan akan menjadi potensi investasi unggulan, dengan panjang pesisir pantai mencapai 112 kilometer. Namun, hal itu belum termanfaatkan secara maksimal, terlihat dari data yang ada, potensi laut dan perikanan di kabupaten itu baru tergali sebesar 37,60 persen.

Hal ini dikatakan Direktur Tata Ruang Laut, Pesisir dan Pulau Kecil, Departemen Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Ir. Ferianto H Djais, di Aula Bappeda Aceh Timur. Kata dia, masih ada peluang yang besar untuk menggali potensi yang tersisa yakni sebesar 62,40 persen yang belum tersentuh sama sekali.

“Ini merupakan potensi yang cukup baik dan merupakan peluang investasi. Apabila hal ini tergali dengan maksimal, maka akan menambah pendapatan bagi kabupaten ini yang sangat kaya di kawasan pesisisirnyam”ucap dia.

Lanjutnya lagi, pada tahun 2006, produksi hasil laut di Kabupaten Aceh Timur mencapai 12.647,72 ton, sedangkan hasil budidaya perikanan darat mencapai 41.542,21 ton per tahun. “Tapi, bila kita lihat dari jumlah produksi tersebut, masih sangat kecil dibanding dengan jumlah Rumah Tangga Perikanan (RTP) yang mengantungkan hidupnya dari sektor ini, yakni 9.507 kepala keluarga,” bebernya.

Dia mengharapkan Pemerintah Kabupaten Aceh Timur dapat menempuh beberapa langkah untuk meningkatkan sumberdaya perikanan di daerah tersebut. “Di antaranya dengan memberi pelatihan kepada masyarakat tentang teknik budidaya perikanan darat, baik dengan sistem tambak, kolam, jaring apung, atau keramba,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, tempat pendaratan Ikan (TPI) yang telah ada seperti di Bireum Bayeun, Idi Rayuek, Sungai Raya, Julok, dan Kuala Simpang Ulim, agar lebih ditingkatkan.(sud)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: